7 Catatan Kekaguman Orang Tua pada Anak Perempuan

7 Catatan Kekaguman Orang Tua pada Anak Perempuan

Memiliki anak gadis itu ngeri-ngeri sedap. Mendidik dan menjaga mereka laksana memiliki berlian. Mengapa demikian?

Pendidikan terhadap anak terutama anak perempuan memang istimewa lho.

Rasulullah bersabda : 

Siapa yang mempunyai tiga anak perempuan, kemudian ia bersabar terhadap mereka, dengan memberi mereka makan, memberi mereka minum, dan memberi mereka pakaian dari jerih payahnya, niscaya mereka itu akan menjadi penjaga baginya dari api neraka pada hari Kiamat.” (HR Ahmad)

Saat mereka menoreh prestasi, orangtua manapun pasti akan bangga memiliki anak yang berhasil. Apakah prestasi gemilang yang membuat orangtua kagum pada mereka?

Ukuran keberhasilan mereka yang membuat orangtua kagum, bukanlah prestasi tinggi di sekolah atau penghargaan kejuaraan ini dan itu. 

Ada beberapa hal yang menjadi catatan kekaguman orang tua terhadap anak perempuannya.

  1. Berprilaku Sesuai Kaidah dan Syariat Agama. 

Anak perempuan yang baik memiliki tata krama yang baik pula. Perbuatan tercela hanya akan menoreh luka bagi keluarga dan merugikan diri sendiri.

  1. Tidak Salah Bergaul dan Pandai Memilih Teman.

Memilih teman bukan bermaksud mengesampingkan teman karena status sosial. Namun, pilihlah teman yang mengajak pada kebaikan dan selalu di jalan Allah.

  1. Tidak Manja dan Mau Menolong Beban Orang Tuanya. 

Malu rasanya, sudah besar masih bergantung pada orang tua. Anak yang mandiri dan  bertanggung jawab akan sangat mengurangi beban orang tua. 

  1. Berbicara Sopan dengan Raut Wajah yang Menyenangkan. 

Berbicara dengan sopan menunjukkan akhlak yang terjaga dengan baik. Senyum yang menghiasi wajah, sangat membahagiakan dan menghibur bagi orang tua. Berusahalah untuk tidak menyakiti perasaan orang tua.

  1. Memberi Salam Saat akan Pergi dan Mengirim Kabar bila Terlambat Pulang. 

Sejuk hati orang tua saat anak mencium tangan atau mencium kening saat berpamitan sembari mengucap salam. Jangan biarkan orang tua was-was di rumah, karena tidak ada kabar darimu saat pulang tidak pada jam tertentu.

  1. Selalu Memiliki Waktu untuk Beribadah. 

Menanamkan akidah agama, terutama anak perempuan harus benar-benar ditekankan. Sebagai orang tua tentu tidak ingin anak perempuannya tidak menjalankan syariat dan berlaku yang menyimpang, apalagi sampai menoreh jejak kelam.

  1. Memiliki Cita-Cita yang Baik dan Sudah Mempersiapkan Sejak Dini. 

Cita-cita harus disesuaikan dengan kemampuan finansial orang tua. Kuasai bidang yang benar-benar di sukai dan bermanfaat dalam kehidupan kelak. Perlu diingat pula bahwa perempuan pasti akan menjadi ibu rumah tangga, maka kodrat sebagai wanita harus tetap dikedepankan.

Itulah 7 catatan kekaguman orang tua  pada anak perempuannya. Semua pasti indah pada waktunya. Nikmat Allah yang mana lagi yang kau dustakan. 

wisataliterasi/hadiyatitriono

0Shares

Tinggalkan Balasan